Selasa, 22 Oktober 2013

FUNGSI HARDWARE

  1. PROCESSOR
Processor adalah otak dari computer yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat dan berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
  1. CHIPSET PROCESSOR                        
Apa yang readers ketahui tentang chipset??? Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset, mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi, mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE, menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCIdrive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

2.  SPEED PROCESSOR
Kecepatan processor berhubungan dengan setiap mikroprosesor berisi sebuah sistem clock, yang bertugas mengontol kecepatan semua operasi dalam komputer. Sistem clock menggunakan getaran yang stabil dari kristal quartz yang bisa memberikan detak digital atau “tick” bagi CPU. “Detak digital” inilah yamng dinamakan cycle. Angka clock speed yang lebih tinggi berarti pemrosesan data dan intruksi program juga dilaksanakan semakin cepat, sepanjang sirkuit internal komputer mampu menagani peningkatan kecepatan tersebut.

4. SOCKET PROCESSOR
Soket prosesor berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan processor pada motherboard.

5.CACHE PROCESSOR
Cache processor berfungsi untuk membantu processor dalam mencapai ingatan atau data yang pantas. Hasilnya processor dapat memproses data dengan lebih pantas karena cache lokasinya adlah paling hampir dengan processor.


  1. RAM 
1. JENIS-JENIS RAM :



a. DRAM

Apa itu DRAM?? DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.


b. SRAM

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM (sejenis memori semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Berdasarkan fungsinya terbagi menjadi Asynchronous dan Synchronous.


c. EDORAM 

Readers…EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.


d. SDRAM 

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory) adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat dari pada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.


e. RDRAM
RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory) adalah salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4.


f. NV-RAM 

NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan.

g. VGRAM

VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) adalah jenis RAM yang dibuat khusus untuk video adapter. Kapasitas VGRAM sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.

h. DDR SDRAM

Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data.

2. CHIPSET RAM


Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai ‘polisi lalu lintas’ pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .

3. CACHE RAM
Cache Memory adalah memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor. Jadi Bisa disimpulkan fungsi cache memory yaitu: 
  • Mempercepat Akses data pada komputer 
  • Meringankan kerja prosessor 
  • Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama. 
  • Mempercepat kinerja memory. 

 
4. SPEED RAM

Angka dibelakang huruf DDRyyy adalah frekuensi-kerja (bukan frekuensi clock) chip memory, atau disebut  data-rate yaitu berapa kali terjadi transfer data dalam 1-detik. Parameter inilah yang sebenarnya paling cocok untuk menyatakan kecepatan maksimum suatu modul RAM.
Sedangkan angka dibelakang huruf PCxxxx adalah angka kemampuan maksimum transfer bit data atau disebut transfer-rate dalam MByte. Tetapi mesti dicatat bahwa angka transfer-rate hanya bisa dicapai pada clock FSB yang di-spesifikasikan.
Dua hal diatas memang bisa digunakan untuk menyatakan spesifikasi kecepatan maksimum suatu modul RAM, tetapi kecepatan saat operasional modul RAM perlu memperhitungkan faktor Timing (pewaktuan) yang juga merupakan parameter penting dalam spesifikasi RAM. Sayangnya parameter ini hanya dicantumkan dalam label modul RAM kelas "atas". Penjelasan tentang Timing atau Latency, sebenarnya sangat teknis, saya sudah berusaha membahasnya secara sederhana dalam artikel berjudul Timing (Latency) dalam RAM.
 



  • MOTHERBOARD



  • CHIPSET MOTHERBOARD


  • Chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. 

    1. SLOT PADA MOTHERBOARD

    • ISA (Industry Standard Architecture)
    Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard, karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Slot ini mulai dipergunakan mulai dari jamannya 286 sampai saat ini. Jika Anda melihat pada sistem motherboard Anda (motherboard jenis biasa), maka slot yang paling panjang adalah ISA. Namun jika semua slotnya berukuran sama, itu tandanya slot yang ada pada motherboard Anda adaah ISA semua. 8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec.
    • EISA (Enhanced Industry Standard Architecture)
    EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.
    • MCA (Micro Channel Architecture)
    Slot ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. Seperti EISA, MCA memiliki 32-bit dan mampu melakukan bus matering juga. Namun, MCA memiliki keterbatasan. Jika pada EISA Anda dapat memasang card ISA, pada MCA card ISA tidak dapat dipasangka di dalamnya. Meskipun demikian, MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar.
    • VESA (Video Electronics Standard Association)
    Sesuai dengan namanya, slot ini memang digunakan untuk keperluan grafis yang embutuhkan kecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh VESA sendiri adalah 132 MB/sec. ada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan di lakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot.
    • PCI (Peripheral Component Interconnect)
    PCI dikembangkan oleh Intel. Oleh karena itu, slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor Intel. Kecepatan yang dimiliki PCI hamper sama dengan VESA, namun spesifikasi lainnya berbeda. Pada PCI, Anda tidak akan direpotkan dengan masalah konfigurasi. Sebab PCI dapat melakukan konfigurasi otomatis. Berawal dari kelebihan PCI inilah, konsep Plug and Play mulai diperkenalkan.

    •  PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)
    Yang sangat mencolok dari slot ini adalah bentuk card yang akan masuk ke dalamnya, yaitu hanya sebesar kartu kredit. Biasanya slot ini hanya terdapat pada perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook, dalam menggunakan interface 68 pin, slot ini biasanya disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem. PCMCIA tersedia dalam berbagai tipe menurut ketebalannya. Tipe 1 memiliki ketebalan sebesar 3,3 mm dan biasanya berfungsi sebagai RAM atau flash memory. Tipe ini paling sering terdapat pada PDA atau kamera digital. Tipe 2 memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya berfungsi sebagai modem atau adapter. Tipe 3 adalah tipe yang paling tebal (10,5 mm). Biasanya berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk.

    3. SOUTHBRIDGE
    Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya

    4. NORTHBRIDGE
    Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management. 

    1. HARDISK
    1. JENIS-JENIS HARDISK

    • Hardisk ATA / EIDE
    Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment)adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus.
    Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer).
    Keuntungan drive EIDE / ATA yangsignifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa.
    Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.

    • Hardisk SCSI
    Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI.
    Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data.
    Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.

    • Hardisk RAID
    Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata-rata.

    • Hardisk SATA
    Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi.
    Hardisk SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk.
    Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.

    • Hardisk SSD

    Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.
    Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan yaitu Kingston untuk memasarkan SSD Intel sehingga kehadiran kedua nama tersebut menjadikan pasar SSD makin bertambah. 
    Nama yang sudah tidak asing lagi di dunia SSD adalah Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba dan bahkan Seagate pun akan merambah juga ke pasar SSD ini. 

    2.CHIPSET HARDISK

    • GRAFIS ART
    Perkembangan seni grafis, jika anda tidak terlalu mahir dalam mensketch gambar pada buku gambar / kanvas dll , anda bisa menggunakan berbagai macam software komputer untuk memudahkan anda dalam mengembangkan ilmu grafis anda . Contoh - Contoh Software favorit yang paling banyak digunakan adalah CorelDraw , Photoshop , Flash , Illustrator , 3DMax , AutoCAD , ArchiCAD , AfterEffects dll. Untuk Menggambar sketsa Dengan bentuk Abstrak software terbaik yang dapat anda gunakan adalah Corel Draw. Untuk Meng-edit dan memanipulasi foto Software terbaik yang di gunakan adalah Photoshop .Untuk Membuat Logo Software terbaik yang di gunakan adalah Adobe Illustrator , Untuk Animasi Software terbaik yang di gunakan adalah Flash . Untuk Pengolahan Sketch Objek 3D Software terbaik yang di gunakan adalah 3DMAX . Untuk Pembuatan Website Software terbaik yang di gunakan adalah DreamWeaver . Untuk Arsitektur Software terbaik yang di gunakan adalah AutoCAD dan ArchiCAD .

    1. PERIPHERAL DEVICE
    Nah…sekrag saya akan membahas tentang peripheral yang disebut juga perangkat tambahan pada komputer yaitu perangkat yang digunakan untuk kepentingan tertentu (tambahan), diluar dari perangkat umum computer. Jadi tanpa Perangkat Tambahan, komputer tetap dapat dijalankan (dioperasikan).
    1. Modem
    2. Bluetooth
    3. USB (Universal Serial Bus)
    4. HUB
    5. UPS
    6. Switch
    7. Fan, dll
    1. NETWORK CARD
    Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

    Network Interface Card (NIC) atau Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu: sebagai peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer dan peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.
    Mengenai Chipsetnya
    Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset, mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi, mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE, menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCIdrive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.
    Perbedaan Spesifikasi Hardware antara 2 Laptop 




    Laptop 1 (AMD)
    Laptop 2 (AMD)
    CPU
    Chipset
    AMD Athlon II Neo K125
    AMD Turion II P520
    Socket
    Socket ASB2
    Socket S1 (638)
    Speed
    1,7 GHz
    2,3 GHz
    RAM
    Chipset
    DDR3
    DDR3
    Speed
    399 MHz
    532,5 MHz
    Motherboard
    Chipset
    AMD 785 GX
    AMD SB850
    Slot
    PCI-E
    PCI-E
    Southbridge
    AMD SB850
    AMD SB850
    Graphics
    Chipset
    Mobility Radeon 4200
    Mobility Radeon 4200
    Speed
    60 Hz
    60 Hz
    Hard Drive
    Chipset
    Hitachi HTS545025B9A300 ATA
    Hitachi HTS545025B9A300 ATA
    Speed
    5400 RPM
    5400 RPM
    Network
    Chipset
    Atheros AR9285
    Realtek RTL8191SE

    Kesimpulan :

    dari perbandingan kedua laptop diatas, dapat diketahui bahwa laptop 2 lebih unggul, karena pertama dilihat dari CPU, laptop 2 menggunakan chipset processor AMD Turion II P520 dengan kecepatan 2,3 GHz sedangkan laptop 1 AMD Athlon II Neo K125 dengan kecepatan 1,7 GHz. Dilihat dari chipset tersebut kita sudah tahu bahwa keceptan kinerja laptop 2 lebih unggul. didukung dengan chipset RAM dengan kecepatan yang unggul juga, yaitu  532,5 MHz jauh diatas laptop1 yang 399 MHz. Dilihat dari graphic dan hard drive keduanya memiliki ciri yang sama. Sedangkan dari segi network, laptop 1 menurut saya lebih unggul karena menggunakan chipset  Atheros AR928, karenai atheros sensitifitasnya tinggi, dan jarak 1 km kondisi gak LOS dapat sinyal 28db, sedangkan realtek hanya dapat 19db-21db.

    1 komentar:

    1. Beberapa Langkah Enjoy Untuk Bermain Poker Online Uang Asli

      Untuk memenangkan permainan Poker Uang Asli butuh beberapa panduan serta tehnik. Tidak hanya panduan serta tehnik dibutuhkan langkah enjoy agar dapat mencetak kemenangan yang optimal. Di sini kita akan bagikan beberapa panduan enjoy untuk bermain Poker yakni :



      1. Bermain Pada Waktu Senggang

      Bermain Poker Uang Asli semestinya dikerjakan saat enjoy serta senggang tidak ada kerjaan. Permainan poker bukan seperti permainan kartu biasanya yang memercayakan nasib tetapi menjadi Pemain Poker Uang Asli untuk mencetak kemenangan butuh tehnik serta triks yang mantap di dukung dengan situasi enjoy serta senggang hingga pikiran dapat fokus pada semakin banyak gabungan Kartu Poker yang dapat terbentuk.



      2. Janganlah Bermain Sekalian Kerja

      Ini satu diantara unsur pemicu kekalahan. Beberapa pemain yang diam diam habiskan waktu jam istrihat dikantor dengan bermain Poker Online Uang Asli, tentu saja ini memunculkan perasaan yang ingin cepat memenangi permainan yang selesai dalam salah memutuskan menyebabkan kekalahan.



      3. Main Pada Malam Hari

      Permainan Poker semestinya dimainkan saat malam hari untuk hindari masalah yang tak perlu saat semua enjoy tidak ada kerjaan serta saat orang lainnya tidur hingga pikiran kita dapat lebih konsentrasi pada permainan serta gabungan kartu yang ada.



      4. Bermain Pada Waktu Berlibur

      Berlibur yang enjoy dapat jadi waktu yang pas untuk bermain Poker Online Uang Asli sebab memang tidak ada kerjaan serta pada nikmati berlibur yang ada. Jadi pikiran dapat terlalu fokus pada permainan.



      5. Dilarang Bermain Di Warnet

      Bermain Poker Online di Warnet begitu bahaya sebab tidak hanya Account kita dapat terkena hack, saldo kita dapat hilang dimainkan oleh orang lainnya. Belum juga kelak terkena razia pihak berwajib serta situasi di warnet tentu begitu tidak nyaman serta ribut hingga konsentrasi kita dapat terganggu.



      6. Buang Beban Untuk Menang

      Bermain Poker Uang Asli jika untuk mencari kemenangan tentu pemain terasa akan terbeban untuk cepat mencetak kemenangan. Walau sebenarnya kita ketahui dalam taruhan Judi itu menang kalah persentase 50% untuk semasing. Jadi jangan sampai terbebani untuk mencetak kemenangan dari pertama permainan yang mengakibatkan kita tergesa gesa serta terjerat sendiri dalam pikiran kita hingga tidak dapat konsentrasi.



      7. Bermain Waktu Mood Tengah Bagus

      Waktu mood tengah bagus bermain apa pun tentu berasa mudah menang. Begitupun dalam permainan Judi Poker Online Uang Asli, semestinya dimainkan saat kita perasaan bagus hingga dapat lebih gampang untuk memenangi permainan.



      Bermain Poker Online Uang Asli Dengan Enjoy

      Silahkan add kontak kami bosku ^^

      WA : 081333366766
      BBM : indkartu
      LINE : indokartu

      BalasHapus