Jumat, 27 September 2013

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI


Haag dan Keen
Pada 1996 Haag dan Keen mendefinisikan teknologi informasi sebagai seperangkat alat yang membantu Anda untuk bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Dalam hal ini, TI dianggap alat yang digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan informasi. Pengolahan informasi yang dihasilkan diproses menggunakan alat-alat tersebut. Alat-alat ini adalah komputer beserta software-software pendukungnya.

Martin
Pada 1999 Martin mendefinisikan Teknologi Informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Dia melihat IT tidak hanya sebagai teknologi komputernya saja yang dipergunakan untuk pemrosessan dan penyimpanan data. Pengertiannya lebih luas lagi, karena Martin juga memasukan teknologi komunikasi yang digunakan untuk melakukan pengiriman informasi.

Mc Keown
Pada 2001 Mc Keown mendefinisikan Teknologi Informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.
Cukup jelas di sini bahwa Teknologi Informasi mencakup keseluruhan bentuk teknologi yang digunakan untuk memproses informasi. Bentuknya bisa bermacam-macam layaknya komputer sebagai alat yang multimedia. Didukung oleh perangkat lunak yang sesuai dengan pengolahan informasi tersebut.


Willams dan Sawyer
Pada 2003 Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
William dan Sawyer memberikan pengertian IT ini merupakan gabungan komputer yang dikaitkan dengan saluran komunikasi dengan kecepatan yang tinggi untuk pengiriman data, baik berupa text, audio maupun video. data dalam bentuk multimedia yang diakomodir oleh penggunaan komputer.
Pada 2005 Williams dan Sawyer lebih lengkap lagi memberikan definisi Teknologi Informasi sebagaui sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.

Kenneth C.Loudon
Pada 2004 Kenneth C.Loudon mendefinisikan Teknologi Informasi adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.

PENGERTIAN KOMPUTER

V.C. Hamacher et al, 1982
Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Robert H. Blissmer, 1985
Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Donald H. Sanderes, 1985
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

Elias M. Awad
Komputer sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Larry Long dan Nancy Long
Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.




http://www.weblog.web.id/2012/09/pengertian-komputer-definisi-komputer.html

Senin, 23 September 2013

FILSAFAT FARMASI

 Filsafat (filosofi) adalah berfikir disiplin yang terkait dengan ilmu pengetahuan.
Ciri-ciri berfikir filsafat:
  1. radikal : sampai keakar persoalan
  2. kritis : tanggap dalam persoalan yang berkembang
  3. rasional ; dpat dijangkau akal manusia
  4. reflektif ; mencerminkan pengalaman pribadi
  5. konseptual ; hasil kotruksi pemikiran
  6. koheren ; runtut, berurutan
  7. konsisten : berfikir lurus
  8. sistematis ; saling berkaitan
  9. metodis : cara untuk memperoleh kebenaran
  10. komprehensif ; menyeluruh
  11. bebas dan bertanggungjawab
Berfikir dalam filsafat:
  1. rasional : tahu dan paham akal budi
  2. logis ; logika berfikir untuk mendapat kesimpulan
  3. dialektik ; menetapkan tesis dan antitesisbertujuan untuk mendapatkan sintesis
  4. intuisi ; diutamakan kemampuan inventif
  5. taksonomi ; sususnan klasifikasi tujuannya untuk menyederhanakan suatu kejadian
  6. simbolisme ; dilihat sebagai gejala
Aliran dalam Filsafat:
  1. aliran metafisika
  2. aliran etika

ORGANISASI SEL


A. Penemuan sel
  • Robert Hooke (1665) : mengayati sayatan gabus, hasilnya ada kamar kecil atau bilik (sel), isi sel adalah cairan kental.
  • Antonie Van Leeuwenhoek (1674) : penemu mikroskop sederhana, dijuluki bapak mikrobiologi dan bapak andropologi, hasil pengamatannya adalah alga hijau (1674), bacteria pada dental plaque (1683), sel darah + sel sperma(1698).
B. Struktur Umum Sel
     struktur :
  • bentuk :beragam
  • ukuran : beragam, berubah
  • sifat : semi otonom
  • organisasi: sel-jaringan-organ-sistem organ-tubuh
  • ukuran sel berdiameter 1-100 mikrometer
  

C. Perbedaan Sel Eukariotik dan Prokariotik


Kamis, 01 Agustus 2013

Vidio Informasi

Perkembangan Teknologi dari masa depan ke masa depan

Universitas Muhammadiyah Malang


Rabu, 31 Juli 2013

Development of Science

Buku Merupakan gudang ilmuScientists think philosophically, is expected to understand the philosophy of life, explore basic elements of science practiced thoroughly so it is wise to understand the source, nature and purpose of science is practiced, including its use for the community. To achieve that goal, the educational process should not merely to achieve an end goal but also to learn the things done to achieve the ultimate goal. Thus, in addition to scientists as the magicians also have the wisdom, truth, ethics and aesthetics. Epistemologically it can be said that the science that exists today is the result of the accumulation of knowledge that occurs with growth, pergan-tian and absorption theory. The emergence of new theories that reinforce the old theory will strengthen the image of normal science.
However, anomalies in scientific research can not finish by FITNESS FOR paradigm that references the research, led to the development of a new paradigm that can solve problems and guide subsequent research (giving birth to the revolution of science). Growth theory and a paradigm shift is po-la normal development of a mature science. Development of analysis tools also encourage the development of science. Examples of epistemology of science where there is a change and a paradigm shift theory looks at the development of the atomic theory, theory of heredity and the discovery of the universe. In the development of science, an error may occur, especially during the formation of a new paradigm. However, you should avoid is making mistakes that then covered and recognized as truth. · The development of the atomic theory atomic concept proposed by Leucippus and Democritus (6th century BC): material (everything in nature) are physically prepared by a number of very small objects (atoms). Atoms are very small particles, solid and can not be shared, moving in space, and is eternal. According to John Dalton (1766-1844) each chemical element is formed by particles that can not be parsed (atom). A paradigm shift occurs when apparently proved that atoms can be divided and still have an electron (JJ Thomson 0.1856 to 1940) and protons (E. Goldstein, 1886).
Knowledge that the atom could be divided to make them scientists and their atomic structure. Thomson, likened atoms such as white bread with raisins, in which electrons and positive particles are evenly distributed. Of research E. Rutherford (1871-1937) concluded that the electron orbiting around the nucleus. This postulate repaired by J. Chadwick (1891-1974): the atom has a nucleus consisting of nuclei and electrons orbiting around it, and then refined by considering the Niels Bohr atomic energy quantization effects. Theories of atomic structure and still continue to be refined. When this started happening anomaly which sued the existing paradigm. Murray Gell-Mann (1964) says, protons and neutrons can still be divided into quarks. · The development of the theory of inheritance notion of inheritance has existed since ancient times. Plato understood esensialismenya explains, everyone is a shadow of the ideal type. Essence, human beings are equal and diversity in the world is meaningless. The development of this theory begins with Darwin’s dilemma: what causes what maintains variation and variation? According to F. Galton, each child’s tendency towards the average of the properties of its parent. Hereditary traits and mixed continuum-nyu, children are the average of both parents, then no variation. Meanwhile, according to Darwin, keragamanlah that matters, not the average but Darwin could not explain why such diversity can occur. Provisional hypothesis explains that the coffee cells of any tissue that is inserted into the blood (gemmules) was the one that produces the diversity when gemmule formed and converted back into the cell body at the time of reproduction. But, the history of science cell development further prove this hypothesis wrong. Mendell who do cross nuts and produce different varieties, smooth and wrinkled but nothing in the middle, concluded that inherited traits are discrete, there are dominant and some are recessive, but do not mix. The theory was then used as the basis for the development of the theory of heredity. · The development of the theory of the solar system prediction of the sun, stars, moon and eclipse has done the nation Baylonia, 4000 years ago. Greek Cosmology (4SM) states the earth and all the heavenly bodies center around the earth. The concept is broken Copernicus (1473-1543) which states that the sun is the center of the solar system and the earth moves in a circular orbit

Sejarah UMM

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tingggi di Jawa Timur yang selama emapt puluh tujuh tahun terus membenahi diri untuk mewujudkan menjadi perguruan tinggi sehat dan mandiri. UMM berdiri pada tahun 1964 atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Malang. Awalnya UMM merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan hanya memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pendidikan dan Pengajaran (FPP) Jurusan Pendidikan Agama.
Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi Universitas yang berdiri sendiri yang penyelenggaraannya berada di tangan Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang. Kemudian UMM menambah fakultas baru yaitu Fakultas Kesejahteraan social dan pada tahun 1970 Fakultas ini mengubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Sosial dengan Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Pada tahun 1978 UMM  membuka Fakultas Teknik dengan nama Akademi Teknik Malang dan pengaktifan kembali Fakultas Ekonomi dengan program pendidikan Sarjana Muda bernama Akademi Akuntansi Muhammadiyah (AAM). Pada tahun 1980 dibuka Fakultas Pertanian dengan program studi Budidaya Pertanian.
Pada tahun 1985 dibuka program studi Psikologi sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, setahun kemudian diubah menjadi Fakultas Psikologi. Kemudian pada tahun 1987 dibuka Fakultas Peternakan dan untuk meningkatkan produktifitas serta dapat bersaing secara global maka dilakukan integrasi antara Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan menjadi Fakultas Pertanian-Peternakan.
Pada tahun 2001 dibuka Fakultas Kedokteran dan pada tahun 2007 dibuka Fakultas Ilmu Kesehatan dengan berdirinya program Studi Diploma Keperawatan tahun 1993. Tahun 1983 sampai dengan tahun 2008 dibuka program studi baru yaitu Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Hubungan Internasional, Program Studi Teknik Informatika, dan Program Studi Farmasi, S1 Ilmu keperawatan dan pendidikan S1 PGSD. Kemudian UMM juga membuka program pascasarjana Program Studi Magister Managemen dan Magister Islamdan pad tahun 2004 menambah tiga Program studi yaitu Program Studi Magister Agribisnis, Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendididkan, dan Magister Ilmu Hukum, serta tahun 2006 dibuka Magister Psikologi. Pada tahun 2007 dibuka Program Doktor Sosial dan Politik.
Dalam pengembangan sarana fisik dan fasilitas akademik, kini telah tersedia 3 kampus :
Kampus I              : Jl. Bandung No. 1 Malang 65113, telp. (0341) 551253 Fax. (0341) 562124
Kampus II            : Jl. Bendungan Sutami No. 188 A 65145 Malang, telp (0341) 551149, 552443 Fax. (0341) 582060
Kampus III          : Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang 65144. Telp. (0341) 463513, 464318-319 Fax. (0341) 460782
Visi UMM yaitu menjadikan Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) berdasarkan nilai-nilai Islam.
Misi UMM  yaitu:
  • Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyrakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia.
  • Menyelenggarakan pengelolaan universitas yang amanah.
  • Menyelenggarakan pembinaancivitas akademika dalam kehidupan yang islami sehingga mampu beruswah khasanah.
  • Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain  yang saling menguntungkan.
Universitas Muhammadiyah Malang telah menunjukan diri sebagai 20 besar Universitas terbaik se-Indonesia, termasuk 50 besar Promising Indonesian Universities, 10 Perguruan Tinggi Terunggul di Jawa Timur oleh Kopertis Wilayah  VII Jawa Timur selama 4 (empat) tahun berturut-turut (2008, 2009, 2010, dan 2011) sehingga memperoleh Anugerah Kampus Unggulan KARTIKA, serta memperoleh anugerah bintang dua dari lembaga akreditasi internasional QS Star yang berpusat di London. Sejak tahun 2010 UMM menerapkan pelayanan berstandar internasional yakni dengan diberikannya sertifikasi ISO 9001:2008 oleh National Quality Assurance (NQA) yang merupakan representasi lembaga akreditasi internasional dari UKAS (badan akreditasi di Inggris).
UMM memiliki beberapa lembaga seperti Lembaga Bahasa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Lembaga Informasi dan Komunikasi, UPT Bimbingan dan Konseling, dan Perpustakaan. Serta UMM juga memiliki  beberapa fasilitas seperti fasilitas Kartu Super, fasilitas Masjid, Poliklinik dan Sarana Kesehatan, fasilitas Seni dan Olah Raga, Koperasi, Rusunawa, dan American Corner.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG IS THE REAL UNIVERSITY.
This entry was posted in Uncategorized by benkyo169. http://benkyo169.student.umm.ac.id/2011/07/28/artikel-sejarah-umm/